Nyaris Bersedih berkepanjangan gara-gara Partition Magic

Jadi gue udah lama gak nulis, dan sekarang cuma mau curhat.

inti dari tulisan ini : Sebisa mungkin hindari pake partition magic

 

Jadi ceritanya  tadi gue bantuin tetangga install windows di laptop anaknya (setelah bertaun-taun gak install windows) . Sampe dengan instalasi selesai gak ada yang aneh-aneh sebenernya, kecuali..gue lupa partisi harddisk data-nya belom gue format, jadi yang muncul di windows cuma 1 partisi intalasi windowsnya .

Sebagai tukang install windows XP yang kawakan (padahal yang diinstal sekarang windows 8) gue langsung nyari partition magic di external hdd gue, Toshiba Canvio 2TB, HDD ini gue bagi 2 partisi  1 buat tools2 penting sama kerjaan, yang 1 lagi isinya game sama film.

Jadilah gue instal si partition magic, dan pas selesai ada muncul “something-something error, fix it ?” gue pilih “Yes” daaan partisi HDD externa gue ilang 1, 900 GB film dan installer game gue ilang dari windows explorer. Gue pikir, yasudah lah paling cuma gak ke-detect di laptop nya aja.

Setelah urusan instal menginstal windows itu tuntas, si HDD gue kembalikan ke habitatnya di meja gue, dan gue colok ke Laptop gue daaan…yang muncul cuma 1 partisi. Sampe sini gue gak kepikiran si partition magic yang bikin kerjaan, gue kira karena di laptop yang sebelumnya drive letternya gue urutin manual dari drive manager, HDD gue keder.

Oke…tenang, cek Drive Manager, masih kebaca partisi-nya…tapi kok gak ada drive letter-nya ? coba assign manual dan dia error, mulai agak spaneng

Buka diskpart…list volume…gak muncul !!!

Oke agak panik, coba kita googling, ada beberapa hal yang gue coba :

  • uninstall USB driver-nya, restart, colok ulang..gagal
  • cabut HDD-nya, matiin laptop, colokin HDD, boot laptop…masih gagal
  • download aplikasi partition manager (EaseUS), set partisi jadi active, (sepertinya) berhasil, restart dia set active via boot menu dan tetep gak muncul..masih gagal
  • Coba set drive letter dari EaseUS…masih gagal
  • Uninstall USB driver lagi dalam kondisi HDD gak kecolok…tetep gagal

Setelah hampir sejam googling dan jawabannya semua sama dengan cara yang gue udah coba di atas, gak berhasil. Udah hampir sedih berkepanjangan, karena kolesi film dan game gue bertaun-taun bakalan raib, opsi terakhir yang gue kepikir adalah delete partition trus format ulang…sigh.

Kemudian gue nemu ada yang nyebut-nyebut si partition magic yang bikin ulah, gue mencoba hal yang paling gak kepikir di awal…download parition magic versi terbaru

Setelah gue instal,  partisi yang hilang itu gue set active, dan dia gak pake reboot segala….langsung muncul di windows explorer. Asu….

Setelah googling2 lagi sejenak, banyak yang gak nyaranin pake partition magic lagi, walaupun dulunya (jaman gue kuliah) ini tools paling mumpunin buat bikin partisi.

Kenapa ini bisa terjadi ? teori gue, si partition magic berpikir agak aneh kok partisi active gue adanya di drive letter belakang ? dan dia ganti posisi active nya ke partisi yang awal, masalahnya drive yang tadinya primary active, bukan jadi primary aja malah jadi gak active samasekali….sigh

sekian curhat saya yang gak jadi sedih cuma masih kesel aja….

 

 

 

 


Leave a comment