Jelas bukan Review : Xiaomi Mi 5s, buat para Spec Junkie

1477383794697705

Kamu pengen HP ngebut ?

Budget terbatas ?

Gak perduli garansi ?

Gak butuh fitur-fitur gimmick ?

Berarti kita sama, hehe. Kalau kalian termasuk di semua kategori di atas, menurut gue Xiaomi Mi 5s masih menjadi rekomendasi yang pas (Mi 6 masih mahal soalnya).

Mi 5s yang gue pake adalah versi 3/64, RAM 3GB dan storage 64GB, waktu gue beli April’17 harganya kisaran 3,4-3,6jt, sekarang di kisaran 3,1jt. Gue beli HP ini karena sebel sama ASUS sebenernya, ASUS Padfone S gue sebelumnya sangat amat telat dapet Update software meskipun udah masuk list update. Hampir setahun ( satu tahun!!!!) setelah pengumuman bakal up ke Android M, Padfone S baru dapet update setelah Nougat wara wiri di banyak device. Gue akan merindukan hybrid Pad dan Phone kesayangan gue itu tapi life must go on, yaelah.

Mi 5s (atau Mi5s terserah yang nulis aja deh) adalah flagship Xiaomi tahun lalu, gaung-nya gak sekenceng Mi5, agak jarang reviewer Indonesia yang di review di Youtube. Karena sebenernya spec-nya cuma beda tipis sama Mi5, spec lengkapnya liat di sini aja ya http://www.gsmarena.com/xiaomi_mi_5s-7260.php 

3 Improvement yang di bawa dari Mi5 adalah :

  • Body jadi metal
  • SoC ganti jadi Qualcomm SnapDragon 821 (Mi5 Pake SnapDragon 820)
  • Ultrasonic Fingerprint sensor yang katanya lebih canggih dan akurat

yang minus-minus dari Mi5s :

  • Gak ada OIS di kameranya 😦
  • Proteksi layar gak begitu jelas pake apaan
  • Batrenya meskipun lebih gede dari Mi5 tapi agak lebih Boros

Yang plus-plus secara umum :

  • Murah untuk ukuran Flagship #MendingXiaomi #eaaa
  • MIUI menurut gue salah satu UX yang paling nyenengin
  • Xiaomi termasuk sering update OS n semua device biasanya kebagian
  • Gak ada yang bisa dikeluhin dari sisi day to day user xperience

Yang minus-minus secara umum :

  • Gak masuk resmi, anggep aja gak ada garansinya
  • Susah nyari yang juga dengan ROM Stable non Distributor
  • Nyari aksesoris-nya agak lebih susah dibanding HP xiaomi lain
  • Kalo lagi dipake maen game online lama-lama panas.

Namanya review, pasti subjektif. Jadi gue akan bahas kelebihan dan kekurangan HP ini berdasarkan pendapat gue. Gue memutuskan untuk beli Mi 5s ketimbang Mi 5 karena metal unibody design-nya, lebih tepatnya setelah nonton Mi 5 dipotek sama JerryRigEverything (silahkan browse di Youtube). Meskipun metal, sinyal HP ini tetep joss berkat antena line dari karet yang ada di belakang body-nya.

Warna HP yang gue dapet, sama seberti sejuta umat pembeli Mi 5s 3/64 di Indonesia adalah Gold, karena itu gue pasangin hardcase warna biru yang paling slim yang bisa gue temuin. Untung nya waktu beli langsung dapet versi ROM Global Stable siap pake, jadi gak repot flashing segala.

Performance wise, 821 yang dipake Mi 5s bukan versi yang lebih kenceng dari 820 tapi versi yang lebih hemat energi, clock baik di Kyro Core  ataupun di Adreno GPU-nya sama dengan 820, Peformance-nya 11-12 sama Mi 5 versi 3GB.

Untuk para jemaah Antutudiyah,Antutu HP ini score-nya antara 130k – 131k, tergantung mood.

Screenshot_2017-08-12-16-28-55-265_com.antutu.ABenchMark

Untuk yang peduli grafis, hasil 3Dmark nya juga gak mengecewakan

Screenshot_2017-08-12-16-30-16-229_com.futuremark.dmandroid.application

Bicara soal performa, otak-nya HP ini menurut GeekBench, cerdas luar biasa

 

Terakhir GFXBench GL, bersaing lah dengan Flagship lain

 

 

Fingerprint HP ini pake Ultrasonic besutan Qualcomm, yang pake pantulan sonar dari kontur untuk ngehasilin 3D print dari sidik jari, ketimbang 2D print yang dipake fingerprint sensor kapasitif biasa. Konon ini lebih akurat, saking akuratnya kalo posisi jari gak pas, kagak mau unlock HP-nya.

Secara spec sensor yang dipake Mi 5s lebih bagus dari Mi 5, sayangnya OIS-nya dihapuskan. Jadi buat kalian yang suka bikin video ngejar-ngejar kucing  di jalanan gak rata bakal agak kesulitan bikin video yang stabil. Low light dan Macro focus Mi 5s cukup bagus, kamera selfie-nya juga sangat layak. Sample-sample foto bisa diliat di IG gue ya (males posting ulang), foto-foto baru mulai Mei di shoot pake HP ini https://www.instagram.com/ntriadi/

Masalah proteksi layar, gak ada konfirmasi yang jelas apa yang dipake, saran gue pasangin tempered glass aja deh. Agak susah  nyari tempered glass buat HP ini karena pinggiran layarnya melengkung. Kebanyakan yang jual antara kekecilan atau pinggiran tempered glass-nya ngangkat (walaupun katanya persisi). Tapi sebenernya yang melengkungnya cuma bezel, display-nya sendiri ada di bagian yang rata. Gue sendiri nemu ada yang jual Flexible Nano Glass,tempered glass tapi agak lentur, jadi pas di layar HP. Sayang pas gue cek lagi stok nya kosong https://www.tokopedia.com/K-Ong/k-ong-nano-explosion-proof-soft-glass-for-xiaomi-mi5s

Battery Life. Hmm. Susah sih ngitung ini, setiap orang cara make gadget-nya pasti beda. Gue sendiri misal dari rumah HP full, sampe kantor biasanya sisa 75-80% karena sepanjang jalan gue streaming lagu di Spotify (kira-kira 2,5 jam). Dengan 3200 mAh, kalau dipake main game terus-terusan grinding Kritika ato Mobile Legend sampe jari pegel, biasanya akan terkuras dalam 3,5 – 4 Jam, sisa 20% lah. Berkaca bahwa ini HP pake 821 dan layar-nya 1080p, harusnya bisa lebih dari itu…harusnya lho ya.

Kenapa gue bandingin fitur-fitur HP ini dibanding Mi 5 lebih dulu ? Karena dengan harga yang lebih murah kalian bisa dapet Mi5 dengan performa sama, kamera ada OIS dan jelas-jelas pake Gorilla Glass 4. Tinggal apakah body Metal, SoC yang lebih baru, Sensor kamera lebih bagus dan fingerprint canggih menarik buat kalian ?

Kekurangan dan kelebihan HP ini secara umum sebenernya sama dengan semua HP xiaomi non resmi yang bisa kalian temuin di pasaran. Dengan masuknya Redmi Note 4  secara resmi, itu jadi salah satu HP yang gue saranin untuk pengguna HP non hardcore, enak buat gaming, batre irit, dan ada garansi.

HP distributor bukan buat semua orang, kalau kalian spec junkie kayak gue minus-minus secara umum pasti bukan masalah. Kalian ngerti apa yang kalian lakukan beserta konsekuensi dan resiko. Bagi pengguna HP kebanyakan, HP resmi menurut gue lebih masuk akal, Samsung, Oppo, ASUS gak overprice karena mereka 1 step di depan masalah investasi customer experience (dan promosi tentu saja, bayar Afgan, Raisa, Agnes, BCL kan gak murah wahaha), harga yang dibayar termasuk itu. Kalau xiaomi akhirnya full masuk resmi ke sini, harganya pun gak akan semurah harga distri sekarang.

Kesimpulannya, apakah HP ini bagus ? Iya

Apakah gue akan nyaranin HP ini ke siapa ya ? Gak juga, tergantung dengan apa yang digantung

Apakah kamu harus beli HP ini ? bisajadi Iya, kalau kalian nemu tulisan ini kemungkinan emang lagi riset soal Mi 5s, jadi ya beli aja sekalian.

 

Sekian dan terimakasih..adios

 


Leave a comment